Electricity Lightning

Wednesday, January 25, 2012

Penyempurnaan

Suatu waktu saya pernah bertanya - tanya pada diri saya, "apa yang menyempurnakan makhluk hidup sebagai makhluk hidup?", pertanyaan itu terngiang - ngiang di kepala saya. Apakah itu akal, cinta, hati atau apa.....

Tapi saya berpikir, jika akal, cinta dan hati, maka bagaiana dengan makhluk hidup selain manusia? bagaimana dengan hewan, tumbuhan dan makhluk hidup lainnya? Ternyata ketika dipikir - pikir lagi, semua makhluk hidup mempunyai ketiga hal itu. Contohnya cinta, jika hewan tidak memiliki cinta tidak mungkin burung merpati tidak akan meninggalkan pasangannya seumur  hidup. Jika akal tidak dimiliki oleh tumbuhan, tumbuhan tidak akan bissa bertahan hidup di alam jika tidak mencoba beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya, dengan beradaptasi itu saja sudah membuktikan
kalau tumbuhan memilki akal. Jadi bukan hana manusia yang memilii ketiga hal tiu.

Lalu apa yang membuat makhluk hidup sempurna sebagai makhluk hidup? Untuk mengetahui jawabannya saya melakukan poling ke beberapa orang, lebih tepatnya ke 100 orang saya melakukan poling. Dari seratus orang itu saya bertanya kepada mereka pertanyaan yang sama yang yang saya pertanyakan, tapi saya tidak memberi pilihan apa - apa, itu murni jawaban mereka sendiri.

Dan seperti dugaan saya, sebagian besar menjawab cinta dan akal. Kedua jawaban itu mendominasi jawaban - jawaban lainnya. Ada beberapa jawaban menarik seperti, anak, istri, keluarga, atau juga pengetahuan/informasi, "jika tidak memiliki informasi, kita tidak bisa berahan hidup" katanya. Ada juga yang bilang insting bertahan hidup "jika tidak ada insting itu, kita bukan makhluk hidup namanya". Lalu ada jawaban yang lebih menarik, yaitu keturunan "untuk menyempurnakan diri kita sebagai makhluk hidup kita memerlukan keturunan, dengan begitu kita akan tetap abadi walau sudah mati", katanya.

Diantara semua jawaban yang saya dengar, ada 1 jawaban yang paling menarik perhatian saya, yaitu "kematian". Kenapa kematian? Aku bertanya - tanya saat mendengar jawaban itu. Kemudian orang itu menjelaskan ke saya, bahwa di dunia ini diciptakan dengan lawan jenisnya. Saat mendengar itu saya langsung tahu apa maksudnya dari kematian penyempurnaan dari makhluk hidup. Jika dipikirkan lagi, memang benar yang menyempurnakan makhluk hidup sebagai makhluk hidup adalah kematian. Coba pikirkan, jika kita ada kehidupan maka akan ada kematian, jika makhluk hidup tidak mati maka makhluk itu tidak bisa dibilang hidup. Jadi yang menurut saya, yang menyempurnakan makhluk hidup sebagai makhluk hidup adalah kematian.

0 comments:

Post a Comment